Selasa, 28 Oktober 2014

GPIO

sebuah pengantar tentang GPIO dan komputasi elektronik pada Raspberry Pi
Salah satu fitur menarik dari Raspberry Pi adalah pin GPIO (general purpose input/output) yang terletak di salah satu sudut papan, disamping soket kuning AV.
pin-pin GPIO ini adalah penghubung antara Raspberry Pi dengan 'dunia luar'. Sederhananya, bisa diumpamakan sebagai tombol-tombol yang dapat dinyalakan atau dimatikan (input) atau bisa juga Raspberry Pi yang menyalakan/mematikan tombol2 tersebut (output). 17 dari 26 pin konektor itu adalah pin GPIO; sedangkan yang lainnya adalah pin power atau ground
.

FUngsi gpio

pin-pin GPIO dapat diprogram untuk menghubungkan Raspberry Pi dengan alat lain. Inputnya tidak hanya dapat dihubungkan dengan tombol2 sederhana;namun bisa juga dari alat lain seperti sensor atau data dari komputer lain.  . Outputnya juga dapat melakukan berbagai hal, dari menyalakan LED sampai mengirim sinyal data ke alat lain. Apabila Raspberry Pi terhubung dalam sebuah jaringan komputer, alat yang terhubung dengan Raspberry Pi dapat dikontrol darimanana saja melalui internet dan juga bisa mengirimkan sinyal data. Konektivitas dan kontrol alat2 melalui internet adalah hal yang menarik dan powerful, dan Raspberry Pi adalah alat bantu yang sangant cocok. Ada banyak contoh-contoh menarik yang dapat dikunjungi di blog Raspberry Pi.
*diterjemahkan dari http://www.raspberrypi.org/documentation/usage/gpio/

Gambar lebih lengkap dari pinout GPIO Raspberry :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar